Siapa yang tidak tahu, aplikasi Microsoft excel adalah aplikasi perhitungan yang banyak digunakan untuk pengolahan data ataupun bidang akuntansi. Untuk mgnhitung dan mengolah data tersebut, dibutuhkan banyak rumus dan di dalam excel sendiri terdapat banyak rumus yang memudahkan perhitungannya. Selain untuk menjumlahkan, mengalikan atau membagi sebuah data, anda juga bisa melakukan operasi matematika akar kaudrat sebuah bilangan 

Pada prinsipnya, akar kaudrat adalah kebalikan dari kuadrat atau pangkat 2. Dengan menggunakan excel, anda juga bisa mencari hasil akar kuadrat lebih mudah. Selain itu, anda juga bisa mencari akar pangkat 3, 4 dan seterusnya. Bagaimana caranya, apakah anda sudah mengetahuinya? Jika anda belum mengetahuianya, berikut adalah rumusnya :

Fungsi SQRT

Fungsi SQRT

SQRT adalah sebuah fungsi matematis yang biasanya digunakan untuk menemukan hasil akar kuadrat sebuah bilangan. Cara ini paling banyak digunakan orang orang karena caranya yang sangat gampang. Banyak orang yang mengerjakan sebuah kasus akar atau mengerjakan pengolahan data statistic dengan menggunakan rumus ini. Untuk mencari hasilnya, anda cukup menuliskan rumus sebagai berikut 

=SQRT(angka/sel)

Misalnya dalam sel A1 terdapat angka 625. Kemudian di sel B1, anda menuliskan rumus akar yaitu =SQRT(A1). Kemudian anda langsung klik enter, dan keluarlah hasil dari akar tersebut di sel B1 yaitu 25.

Akar Kuadrat dengan ^(1/2)

Akar Kuadrat dengan ^(1/2)

Selain cara SQRT yang digunakan untuk menemukan hasil akar kuadrat ada cara lain yaitu dengan menggunakan rumus pangkat di excel yang dilambangkan dengan simbol ^ atau sering disebut dengan hat. Prinsip utama dari rumus ini adalah akar kaudrat sama dengan pangkat ½. Jika ingin menggunakan rumus ini, maka penggunaan syntax ^ juga bisa digunakan untuk mencari akar pangkat berapapun. 

Cara menggunakannya sangat gampang. Anda cukup mengganti fungsi SQRT yang tadi dimasukkan dengan rumus ^. Berikut rumusnya :

=a^(1/2)   

*a : angka atau sel yang dijadikan bilangan utama

Misalnya: anda masukkan angka di sel A1 yaitu 625. Kemudian di sel B1 gunakan rumus =A1^(1/2). Dengan begitu klik enter dan di sel B1 akan muncul akar kuadrat dari angka di sel A1 yaitu 25. 

Bagaimana? Sudah cukup paham bukan bagaimana cara menemukan hasil dari akar kuadrat yang ingin anda cari. Selain mencari akar kuadrat, ternyata cara kedua ini bisa juga digunakan untuk mencari akar pangkat di atas 2. Misalnya akar pangkat 3, 4 dan seterusnya. Hanya dengan rumus kedua inilah akar pangkat di atas dua bisa dikerjakan. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: 

=a^(1/n)

*a : angka atau sel yang dijadikan bilangan utama

*n : pangkat yang ingin diakarkan

Contoh kasusnya adalah tulis di sel A1 yaitu bilangan 125. Kemudian di sel B masukan rumus yang sudah diformulakan sesuai sel yang ada yaitu =A1(1/3). Kemudian klik enter, dan keluarlah hasil dari akar pangkat tiga bilangan di sel A1=125 yaitu tertulis di sel B1 yaitu 5. 

Cara ini cukup mudah, namun untuk mengaplikasikannya, lebih baik anda langsung terapkan sendiri di Microsoft excel yang anda miliki. Penggunaan rumus akar kuadrat ini bisa anda pilih sesuai keinginan anda. kedua rumus di atas bisa digunakan, anda cukup terbiasa mengaplikasikan salah satunya supaya tidak susah. Dengan terbiasa salah satu rumus, maka anda akan dengan mudah menemukan hasil akar kuadrat yang anda cari. 

Kategori: Pelajaran

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *