Hampir semua masyarakat Indonesia pasti kenal dengan buah nangka. Buah yang masih kerabat dekat dengan durian ini memiliki aroma yang jauh lebih lembut. Tak hanya buahnya saja yang kerap digunakan untuk sajian kuliner, tapi bijinya juga dapat dikonsumsi.

Secara umum, buah nangka dapat dijumpai di negara beriklim tropis salah satunya kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Siapa sangka, jika buah nangka punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Meskipun banyak yang menyebutkan jika buah nangka kurang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Faktanya, buah nangka boleh dikonsumsi siapapun, termasuk ibu hamil. Ini karena, kandungan nutrisi di dalam buah nangka begitu luar biasa dan mampu mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Hingga saat ini pun belum ada sejumlah penelitian yang menyebut jika buah nangka bisa membahayakan kehamilan. Akan tetapi, jika Anda merasakan ada sensasi panas setelah mengkonsumsi buah nangka, hal tersebut karena di dalam buah nangka terdapat kandungan gas yang menyebabkan perut jadi terasa kembung. Terlebih jika dikonsumsi sesuka hati dan berlebihan.

 Jika Anda masih merasa ragu, simak ulasan tentang manfaat nangka untuk ibu hamil berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di dalam buah nangka terdapat beberapa kandungan nutrisi yang berlimpah. Misalnya saja vitamin A sebesar 5µg atau setara 1% dari angka kecukupan gizi atau AKG, kemudian vitamin C sekitar 13,8mg atau setara dengan 17% AKG. 

Vitamin A sendiri sangatlah bagus untuk mendukung perkembangan organ penting pada janin, seperti jantung, paru-paru serta ginjal sekaligus sistem peredaran darah. Ditambah lagi, vitamin A juga bisa mengurangi adanya resiko bayi lahir cacat. 

Sementara vitamin C bermanfaat untuk membentuk kolagen di dalam otot dan tulang pada janin. Selain itu, vitamin tersebut juga sangat penting untuk mendukung perbaikan pada jaringan luka serta membantu proses penyerapan zat besi.

 Perpaduan antara vitamin A dan vitamin C sendiri bisa membuat daya tahan tubuh ibu hamil lebih kuat. Sehingga mampu mengurangi risiko munculnya infeksi.

2. Mendukung Sistem Pencernaan

Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil biasanya kerap mengalami masalah pencernaan, salah satunya ialah sembelit. Nah, manfaat nangka untuk ibu hamil ini berkaitan dengan masalah pencernaan. Konsumsi buah nangka secara rutin selama kehamilan akan membuat masalah tersebut jadi lebih teratasi. 

Sebab, buah nangka memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Sebagaimana yang kita tahu bahwa serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan mengurangi sembelit. Selain itu, juga membuat usus besar terlindung dari risiko luka.

3. Membantu Kalsium Lebih Mudah Diserap Tubuh

Pada saat hamil, tentu seseorang akan membutuhkan kalsium jauh lebih banyak dibanding sebelumnya. Ini dikarenakan janin dalam kandungan perlu asupan kalsium yang lebih untuk mendukung proses pembentukan tulang dan juga gigi supaya lebih optimal.

Dalam buah nangka terkandung magnesium sebesar 29mg dan juga kalsium sebanyak 24 mg. Keduanya sangat baik untuk mendukung penyerapan gizi dalam dalam tubuh ibu hamil. Sehingga perkembangan janin bisa semakin optimal.

4. Sebagai Sumber Energi

Selama masa kehamilan, ibu hamil perlu mendapatkan asupan dari sumber energi lebih banyak. Nah, manfaat buah nangka untuk ibu hamil salah satunya ialah sebagai sumber energi. Ini karena buah nangka mengandung gula yang cukup besar, terutama pada buah yang sudah matang sempurna. 

Selain itu, jenis gula yang ada dalam buah ialah jenis sukrosa dan fruktosa. Keduanya bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan energi supaya ibu hamil bisa beraktivitas kembali dengan lancar.

5. Mengurangi Risiko Hipertensi  Kehamilan

Manfaat nangka untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu mencegah risiko hipertensi selama masa kehamilan. Ini karena di dalam buah nangka terdapat kandungan kalium. Sebagaimana yang diketahui bahwa hipertensi dapat membuat keselamatan ibu dan janin dalam bahaya. Karena, bisa membuat aliran darah ke plasenta menjadi terhambat dan membuat bayi berisiko mengalami kekurangan oksigen. 

Dengan konsumsi buah nangka, maka secara tak langsung bisa menyeimbangkan kadar kalsium, magnesium, hingga garam di dalam tubuh. Sehingga mengurangi munculnya risiko hipertensi pada masa kehamilan berlangsung.

6. Mencegah Anemia

Selama hamil, seseorang akan lebih rentan mengalami anemia. Ini disebabkan kebutuhan akan zat besi yang terus bertambah seiring usia kehamilan. Anemia pada saat hamil bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Di dalam buah nangka terdapat kandungan asam folat (24µg) dan juga zat besi (0,23 mg) yang cukup banyak. Kandungan tersebut bisa membuat kadar hemoglobin di dalam darah jadi lebih stabil sehingga mampu mencegah anemia.

7. Menstabilkan Kadar Gula dalam Darah

Sebuah penelitian mengungkapkan jika nangka mengandung gula alami yang jauh lebih rendah dibanding beras dan juga gandum. Ini bisa jadi alternatif pengganti kebutuhan gula selama masa kehamilan tanpa takut resiko diabetes. Tetapi jika ibu hamil mempunyai riwayat penyakit diabetes sebelumnya, maka lebih baik kurangi konsumsi buah nangka.

Demikian tadi beberapa manfaat nangka untuk ibu hamil yang cukup banyak. Nah, beberapa fakta tersebut menunjukan jika buah nangka bisa dikonsumsi selama masa kehamilan, asalkan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *