Berenang jadi satu diantara olahraga yang disukai oleh beberapa orang yang dari beberapa kalangan. Dimulai dari bayi, beberapa anak, remaja, sampai hingga orang dewasa juga banyak yang menyukai olahraga ini.

Namun, ada faktor-faktor yang kadang membuat banyak orang malas untuk melaksanakan olahraga yang mempunyai segudang manfaat ini. Salah satunya ialah kewajiban mereka harus berkunjung ke kolam renang sebab terbengkalai tidak adanya kolam renang pribadi.

Dengan begitu, mempunyai kolam renang pribadi jadi salah satunya impian yang dipunyai oleh banyak orang yang hoby berenang atau yang mempunyai keperluan dengan berolahraga renang.

Tetapi, anggapan jumlahnya biaya yang nanti dikeluarkan bila akan membuat kolam renang pribadi membuat beberapa orang bertambah memutuskan untuk mengurungkan niatnya dalam membuat kolam renang pribadi. Namun sekarang sudah banyak jasa pembuatan kolam renang di Bandung atau di kota kota lain yang menawarkan biaya pembuatan kolam renang yang cukup terjangkau.

Cara Agat Hemat Dalam Membuat Kolam Renang

kolam renang pribadi murah

Walau sebenarnya, ada banyak strategi supaya irit dalam membuat kolam renang pribadi. Apa beberapa kiat itu? Lihat penjelasan berikut.

1. Tentukan Ukuran Kolam Renang Pribadi Anda

Langkah awal serta yang paling penting yang perlu Anda kerjakan ialah tentukan lebih dulu ukuran kolam renang yang akan Anda bikin. Masalahnya lebar kecilnya ukuran kolam renang kelak akan memengaruhi biaya yang akan Anda keluarkan. Bila Anda akan menimbangnya dengan jumlah pemakai, karena itu dianjurkan untuk memakai ukuran standard yaitu 5 mtr. persegi untuk empat orang pemakai.

Namun, Anda dapat menimbangnya dengan dibanding tempat tanah yang Anda punya. Untuk misalnya, Anda bisa memutuskan untuk membuat kolam renang dengan ukuran 3 x 7 mtr. untuk tempat seluas 4 x 8 mtr..

Dengan begitu, Anda masih mempunyai tersisa 1 mtr. di tiap pinggir yang bisa Anda gunakan untuk pijakan. Tetapi, bila dana dan tempat yang Anda punya memungkinkan, karena itu Anda bisa memakai rasio 2:1 untuk tentukan ukuran kolam yang nanti Anda bangun.

Sedang untuk cara seterusnya yang perlu Anda pikirkan dalam membuat kolam renang pribadi agar irit ialah menimbang kedalaman dari kolam renang tersebut. Disamping itu, Anda pun perlu menimbang siapa saja saja yang akan masuk ke kolam renang itu.

Bila nanti ada beberapa anak yang ikut serta untuk memakai kolam renang itu, karena itu standard kedalaman yang perlu dibuat untuk kolam renang pribadi Anda ialah 0,5 sampai 1 mtr. saja. Sedang bila betul-betul spesial untuk orang dewasa, karena itu Anda bisa membangunnya dengan kedalaman 1,4 sampai 2 mtr..

Nah, bila Anda akan menginisiatifkan untuk menyatukan ke-2 kedalaman itu agar bertambah ringkas serta irit, karena itu Anda bisa menyatukan ke-2 ukuran serta menjauhkannya dengan tanjakan atau kemiringan yang perlahan-lahan tetapi bertanda.

2. Tentukan Sistem Sirkulasi Air Kolam Renang Pribadi Anda

Perlu Anda lihat jika saat Anda menceburkan diri ke kolam renang, karena itu jumlah air akan menyusut sebab tumpah keluar. Lebih-lebih bila Anda memakai style yang lumayan keras untuk masuk ke kolam renang. Karena itu jumlah air yang keluar tentu saja makin banyak juga.

Mustahil bila Anda habiskan tenaga untuk isi air di kolam renang itu. Anda bisa menanganinya dengan menempatkan skema sirkulasi air kolam renang rumah. Hingga bertambah irit air dibanding mengubahnya dengan terus-terusan saat air menyusut.

Serta untuk kebersihannya sendiri tak perlu dicemaskan. Sebab, dengan memakai skema sirkulasi air, karena itu air yang keluar dari kolam bisa dialirkan kembali pada dalam kolam yang dibarengi filtrasi untuk selalu jaga kebersihan air.

Ada 2 Sistem Sirkulasi Kolam Yakni:

1. Sistem Sirkulasi Air Skimmer

Sistem sirkulasi skimmer benar-benar pas untuk diaplikasikan di kolam renang indoor atau kolam renang yang mempunyai ukuran minimalis (kecil). Di penempatan skema sirkulasi skimmer, umumnya ada di kolam renang yang mempunyai dinding kolam renang tinggi dari permukaan air hingga jumlah air tidak menyusut banyak.

Dengan begitu, Anda tak perlu mempersiapkan bak penampung air sebab cukup hanya memakai skema sirkulasi skimmer box yang diletakkan di dinding kolam renang. Ini mempunyai tujuan untuk meresap kotoran yang ikut tenggelam di di air.

2. Sistem Sirkulasi Air Overflow

Seterusnya ada tipe skema sirkulasi air kolam renang lain namanya overflow. Tidak sama dengan skimmer yang terpasang di dinding kolam yang lumayan tinggi. Overflow terpasang untuk kerja dalam memuat air yang tumpah di gutter, yaitu aliran air yang ada di sekitar kolam renang pribadi Anda.

Proses yang kerja di sirkulasi tipe ini dengan memfilter air yang ada dalam bak penampung air, selanjutnya diteruskan dengan melepasnya kembali pada dalam kolam renang.

Bila Anda akan memperbandingkan tingkat kebersihan yang dibuat dari overflow dengan skimmer, karena itu tentu saja skema overflow lebih baik.

Namun, bila yang menjadi alasan ialah dari sisi biaya serta harga, karena itu bertambah irit biaya sistem skimmer sebab sistem skimmer tidak memerlukan banyak perlengkapan untuk mendukungnya.

3. Pikirkan dalam Pemilihan Lapisan Internal Kolam Renang

Dalam pemilihan lapisan internal kolam renang pribadiĀ  atau rumahan tentu saja bertambah menimbang lapisan yang memberikan dukungan harga, biaya penempatan, dan perawatan yang lumayan murah kan?

Bila iya, jadi lebih pas bila Anda memutuskan keramik untuk lapisan internalnya. Masalahnya keramik adalah bahan yang sangat efektif tetapi Anda pun perlu waspada bila nanti ada nat yang rusak sebab bisa mencelakakan siapa saja yang masuk ke kolam itu. Ini sisi yang juga sangat penting dalam proses membuat kolam renang.

Bedakan di antara kolam renang umum dengan kolam renang rumahan. Bila biasanya kita melihat infinity pool atau kolam renang yang nampak tiada batasan, karena itu di kolam renang rumah seharusnya dinding kolam renang itu seharusnya dibuat atau dibentuk bertambah rendah dari permukaan lantai atau tanah yang ada disekelilingnya.

Seterusnya. dalam membuat kolam renang, Anda pun perlu memerhatikan juga tingkat kelicinan yang ada di seputar kolam. Bila Anda ingin pengurangan efek tergelincir waktu akan keluar dari kolam renang, karena itu tekankan ada tangga dengan ukuran kecil saja yang perlu bisa dipakai untuk memanjat keluar dari kolam renang itu.

Dengan begitu, kolam renang pribadiĀ  Anda mempunyai dinding kolam yang disamakan dengan permukaan lantai namun efektif serta aman bila akan dipakai oleh siapa saja.

4. Pikirkan Design Kolam Renang

Tekankan design kolam renang rumahan yang Anda bangun tidak membutuhkan modifikasi atau pembaruan lagi. Karena itu design kolam renang Anda sebaik-baiknya agar nanti tidak keluarkan biaya penambahan untuk perbaikan kolam renang rumahan yang Anda punya.

Sesudah mengenali beberapa strategi irit dalam membuat kolam renang pribadi, karena itu teruskan dengan perlakuan nyata membuat kolam renang impian Anda sesuai dengan anggaran hingga Anda bisa tuangkan hoby berenang Anda tanpa tidak harus berkunjung ke kolam renang umum.

Silakan menghubungi jasa / kontraktor kolam renang bila membutuhkan rencana pembangunan kolam renang yang profesional. Agar kolam renang dapat dibuat sesuai dengan keinginan anda. Semoga bermanfaat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *