Kutu busuk atau sering disebut dengan kutu kasur adalah seekor kutu yang bersarang di kasur dapat membuat tidur jadi tidak nyenyak, benar-benar mengganggu bukan? tidak hanya mengganggu. Kutu kasur satu ini juga dapat menjadi sumber penyakit; khususnya penyakit kulit (scabies) serta sistem pernafasan. Seperti yang diketahui, kutu kasur ini adalah salah satunya tipe serangga yang meminum darah, dia biasa menggigit serta jadi agresif saat malam hari.

Permasalahannya, sekali kutu kasur tinggal, maka tidak menutup peluang akan bertelur serta bertumbuh disana. umumnya kutu kasur dewasa dapat membuahkan kurang lebih lima telur /hari. Sayangnya, mereka kebanyakan menyukai lipatan kasur atau tempat tersembunyi yang lain. Penting diingat juga bahwa beberapa perabotan seperti sofa dapat mempunyai potensi dihinggapi kutu.

Tanda terdapatnya kutu busuk ialah:

  • Kutu dewasa hidup berwarna kemerahan serta memiliki ukuran sedikit panjang. Ada pula yang sedikit bulat.
  • Kutu muda dapat berwarna kuning telur pucat, seperti kulit telur serta memiliki bentuk kecil.
  • Ada bercak-bercak hitam kecil di kasur pertanda kotoran kutu busuk yang sudah pernah berkeliaran.

Setelah kita pahami mengenai tanda kutu busuk, mari kita mengupas tentang langkah menghilangkan nya. Ada banyak sekali langkah langkah yang dapat kita lakukan untuk menangani si kutu kasur. Ini termasuk menjemur dan mencuci kasur. Sayangnya, beberapa cara itu tidak seutuhnya efisien. Sesudah dijemur contohnya, kutu kasur tidak langsung mati dengan gampangnya. Jikalau ada; itu pun hanya beberapa saja. Lalu, bagaimanakah cara memberantas kutu busuk yang mudah?

Cara Menghilangkan Kutu Busuk

Kutu ini dapat bereproduksi secara cepat serta bertahan hidup hingga bulanan dan bisa juga sampai tahunan. Penyebarannya pun juga sangat cepat. Bila Anda mencurigai rumah Anda dipenuhi kutu, simak langkah membasmi kutu busuk termudah berikut ini.

Bersihkan semua Perlengkapan Tidur
Langkah paling utama untuk memberantas kutu busuk dengan mengganti gaya hidup jadi lebih bersih. Tiap harinya, bersihkanlah tempat tidur dengan sapu lidi; serta minimal selama sebulan sekali, cucilah bersih seprai serta selimut lalu jemur sampai kering. Anda dapat juga sekaligus ganti karpet, taplak, dan gorden. Masukan seluruhnya ke dalam kantong plastik saat akan dicuci supaya kutu terperangkap serta tidak kabur ke lain tempat.

Nah, bila ingin hasil yang optimal, dapat merendam seprai serta selimut lebih dulu dengan air panas serta detergen dan jangan mencampurkan perlengkapan itu dengan pakaian lain. Sesudah dicuci, jemur di bawah sinar matahari yang sedang terik terik nya.

Pakai mesin pengisap debu
Sesudah melepas semua penutup kasur serta membersihkan dengan temperatur khusus, hal setelah itu yang perlu dilaksanakan ialah bersihkan tempat tidur. Untuk step yang ini, pakailah alat penghisap debu atau biasa disebut vacuum cleaner. Sebelumnya, berilah lapisan khusus pada kantong debu di vacuum cleaner.
Ini dilakukan supaya mempermudah pembuangan kutu itu. Sedot area seputar jahitan, lipatan, dan ujung kasur dengan kapabilitas tinggi. Disanalah kutu-kutu tersebut sering bersarang.
Lakukan juga proses penghisapan di ruang seputar tempat tidur khususnya pada celah-celah perlengkapan atau dinding.

Gunakan cara dengan menggunakan uap panas
Tidak hanya melakukan penghisapan dengan vacuum cleaner, Anda dapat juga menguapi beberapa bagian tempat tidur dan kasur dengan alat khusus untuk memberantas kutu di kasur. Yang perlu kita ketahui bahwa serangga ini tidak tahan temperatur panas, karena itu uap panas benar-benar efektif untuk memberantas kutu kasur. Alat pembersih dengan cara uap panas ini umumnya seperti dengan alat pengisap debu yang juga bisa dipakai untuk bersihkan tirai, karpet, dan sofa, hanya saja alat ini dapat mengeluarkan uap yang panas.

Semprot insektisida bila dibutuhkan
Bila beberapa cara di atas tidak mempan untuk memberantas kutu busuk, semprot rumah Anda dengan insektisida. Insektisida yang baik untuk membunuh koloni kutu harusnya memiliki kandungan salah satunya bahan kimia berikut ini:

  • Pyrethrins serta pyrethroids. Tetapi di sebagian tempat, kutu telah resisten dengan bahan kimia ini.
  • Neonicotinoid, bahan ini bekerja pada kutu yang telah resisten dengan pestisida yang lain.
  • Dessicants. Kutu tidak resisten dengan bahan kimia ini, tapi efisiensinya lambat.

Menghubungi layanan pembasmi kutu
Jika masalahnya terus berulang, sebaiknya Anda memanggil petugas profesional pembasmi kutu. Tenaga profesional pembasmi kutu memiliki alat perlengkapan lebih lengkap serta memiliki obat pembasmi kutu lebih kuat sehingga bisa lebih efektif membasmi kutu busuk.

Kami fumida.co.id hadir dengan tim profesional yang sudah ahli sebagai penyedia jasa pembasmi kutu busuk . Sebagai perusahaan terpercaya kami mengerti kebutuhan klien. Kutu busuk merupakan hewan yang harus segera dibasmi sampai tuntas dengan tetap menjaga lingkungan, supaya tidak mengganggu dan membahayakan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *