Microsoft excel adalah sebuah program aplikasi pada Microsoft office yang digunakan untuk pengolahan data. Bukan hanya data matematis saja, data keuangan akuntansi juga bisa dihitung dengan menggunakan Microsoft excel ini. Semua pekerja di bidang keuangan pastinya menguasai pengoperasian program aplikasi excel ini, karena setiap pembukuan keuangan yang dijadikan pekerjaan sehari-harinya bisa dan mudah dihitung dengan menggunakan program aplikasi excel ini.  

Nah biasanya, pekerja di bidang keuangan ini sangat membutuhkan sebuah tempat dimana ia bisa membuat angka atau total keuangan yang ditulisnya berubah menjadi bilangan sebuah kalimat. Misalnya yaitu angka 130000 yang ingin diubah menjadi teks ‘Seratus Tiga Puluh Ribu’. Kasus seperti ini biasanya digunakan ketika ingin membuat sebuah kwitansi perusahaan sebagai pendukung laporan keuangan. Maka dari itu, rumus terbilang ini sebenarnya termasuk penting. 

Sebenarnya secara umum, Microsoft excel menyediakan fungsi rumus terbilang ini, namun beberapa Microsoft excel juga tidak menyediakan. Maka dari itu, bagi anda yang belum tahu caranya bagaimana membuat rumus add in terbilang, berikut adalah cara untuk memasang add in terbilang di Microsoft anda. 

Cara Memasang Add In Terbilang Excel

Cara Memasang Add In Terbilang Excel
  1. Pertama install aplikasi add in terbilang di internet. 
  2. Setelah diunduh, biasanya file berbentuk rar/zip yang mana anda bisa mengekstraknya terlebih dahulu dan membuat folder add in terbilang sendiri. 
  3. Kemudian, anda buka menu Tab Developer Excel dan pilih Excel Add Ins, kemudian pilih browse. 
  4. Selanjutnya, catat atau salin lokasi folder yang ditampilkan. Lokasi yang dibuka merupakan folder utama untuk Addin
  5. Kemudian pilih folder add in yang tadi sudah anda instal dan klik OK. 
  6. Dalam satu folder tersebu tterdapat 3 file yaitu Kombinasi Terbilang.xla, Kombinasi Terbilang.xlam dan Contoh Kombinasi terbilang.xlsx. Anda bisa mengekstrak semuanya ke dalam tab developer, karena ketiganya bisa digunakan untuk format Microsoft yang berbeda beda. Untuk Microsoft 97-2003, pilih file dengan judul Kombinasi Terbilang.xla. Kemudian, untuk Microsoft excel 2007, anda bisa emnggunakan file yang berjudul Kombinasi Terbilang.xlam. 
  7. Kemudian pilih salah satu file tersebut yang sesuai dengan Microsoft anda. 
  8. Selesai. Saat ini add in terbilang sudah terinstal dan anda bisa melakukannya langsung di aplikasi Microsoft excel di laptop anda. 

Bagaimana? Sudah mengerti bukan bagaimana cara menggunakan add in terbilang di excel anda. anda bisa menggunakannya secara langsung tanpa bingung, karena cukup undul aplikasi add in terbilang di internet nanti file nya akan terunduh secara langsung keseluruhan. Kemudian, apakah ada yang bertanya, mengapa file yang diunduh berjudul kombinasi terbilang? Sebenarnya add in ini selain fungsi terbilang juga, ada fungsi lain yang bisa dikatakan hampir mirip dengan add in terbilang. Empat fungsi tersebut yaitu :

  1. Fungsi Terbilang : Mengubah angka ke dalam teks bahasa Indonesia 
  2. Fungsi Terbilangeng : Berperan mengubah angka ke dalam teks bahasa inggris. 
  3. Fungsi Akk : mengubah angka ke kata dalam bahasa Indonesia
  4. Fungsi akkeng : mengubah angka ke kata dalam bahasa inggris.

Dengan begitu, bagi anda yang memang membutuhkan perubahan angka pada bilang bahasa Indonesia maupun bahasa inggris, anda bisa langsung menggunakannya karena aplikasi add in terbilang ini juga sekaligus memiliki aplikasi untuk program add in terbilang bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika sudah mengerti, anda bisa langsung mempraktikannya di lembar kerja excel anda sendiri. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *