Tidak hanya sekedar tempat ibadah, masjid juga berperan sebagai pusat peradaban umat Islam. Tak heran jika banyak masjid besar dan bersejarah di seluruh dunia yang hingga kini masih berdiri. Bahkan keberadaannya begitu dilestarikan dan banyak dikunjungi jemaah di penjuru dunia. 

Banyak masjid besar dan megah yang dibangun sejak dahulu dan beberapa kali mengalami renovasi. Tak heran jika bentuknya semakin menarik untuk dikunjungi. Selain itu, tentu hal ini tidak bisa dilepaskan dari nilai sejarah yang ada di dalamnya. 

Berikut Daftar Masjid Terbesar di Dunia

masjid terbesar di dunia

Berbicara masjid terbesar di dunia, mungkin Anda akan langsung terpikir beberapa masjid terkenal di dunia. Masjid-masjid tersebut tidak hanya menjadi tempat suci untuk beribadah, namun juga dijadikan destinasi wisata religi yang banyak dilakukan. 

Lalu, apa saja masjid terbesar di dunia yang ada saat ini? Apakah masjid dari Indonesia menjadi salah satu di diantaranya? Daripada penasaran, silahkan simak ulasannya di bawah ini. 

10. Baitul Mukarram (Bangladesh)

Masjid Baitul mukarram didirikan di ibu kota Bangladesh, yaitu Dhaka. Masjid ini sudah dibangun sejak abad ke-9 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Masjid ini memiliki kapasitas sekitar 30.000 jamaah. Beberapa renovasi kerap kali dilakukan sejak pembangunannya di tahun 1960-an. 

Seiring berkembangnya zaman, kapasitas jamaah pun ditambah hingga 40.000 jamaah. Tak heran jika masjid ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia. 

9. Masjid Agung Sheikh Zayed (Uni Emirat Arab)

Di ibukota UAE, Anda bisa menemukan salah satu masjid terbesar, yaitu Masjid Agung Sheikh Zayed. Nama masjid yang terletak di Abu Dhabi ini diambil dari nama pemeritah Uni Emirat Arab yang pertama saat itu, yaitu Zayed bin Sultan Al Nahyan. 

Tidak hanya sekedar areanya yang luas, masjid ini juga terkenal dengan bentuk bangunannya yang unik dan megah. Bahkan desain arsitekturnya menggunakan ornamen yang megah sehingga memanjakan mata. 

Masjid ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia karena mampun menampung banyak jamaah. Masjid Agung Sheikh Zayed saat ini berkapasitas 40.000 jamaah. 

8. Masjid Jama’ (India)

Masjid ini terletak di kota Delhi, India. Pembangunan awal masjid ini dilakukan pada masa pemerintahan dinasti Mughal yang saat itu berkuasa. Tepatnya pada masa kekaisaran Shah Jahan yang juga menjadi salah satu pembangunan Taj Mahal.

Pada awal pembangunan masjid ini, memang dirancang untuk menjadi tempat beribadah terbesar bagi umat muslim. Tak heran jika kapasitas jamaah di masjid ini mencapai 85.000 jamaah. Tidak hanya areanya yang luas, namun arsitektur masjid ini juga terbilang unik. 

Hal ini karena bangunannya yang didominasi oleh batu bata merah kuno sehingga memiliki konsep klasik yang menawan.

7. Masjid Badshahi (Pakistan)

Masjid ini terletak di Pakistan, tepatnya di kota Lahore. Tidak jauh berbeda dengan Masjid Jama’, masjid ini juga mulai dibangun pada masa kekuasaan dinasti Mughal. Namun, pemimpin yang saat itu berkuasa adalah kaisar Aurangzeb. 

Dibanding Masjid Jama’, Masjid Badshahi dikenal memiliki daya tampun yang lebih besar. Bahkan sudah mencapai 100.000 jamaah hingga kini. 

Tidak hanya masuk ke dalam list masjid terbesar di dunia, masjid ini juga memiliki tampilan arsitektur yang khas. Tak heran jika setiap tahun masjid ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

6. Masjid Hassan II (Maroko)

Masjid yang berada di kota Casablanca, Maroko ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran jika Masjid Hassan II banyak dikunjungi wisatawan setempat dan manca negara. Luas area masjid ini bahkan tidak tanggung-tanggung, yaitu sebesar 90 m2. 

Tak heran jika Masjid Hassan II layak dinobatkan sebagai salah satu masjid terbesar dan megah di dunia. Luasnya area masjid tersebut membuat kapasitas jamaah yang bisa ditampung juga begitu besar.  

Masjid ini bisa menampung 25.000 jamaah internal dan 80.000 jemaah luar sehingga jumlahnya 105.000 jemaah. Jika mengunjungi masjid ini, Anda akan terpukau dengan keindahannya karena tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat lautan luas.

5. Masjid Istiqlal (Indonesia)

Masjid yang terletak di Jakarta, Indonesia ini memang begitu populer. Bahkan dinobatkan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini dibangun di area seluar 95.000 m2. Sedangkan kapasitas yang bisa ditampung mencapai 120.000 orang jamaah. 

Pembangunan masjid ini dilatarbelakangi oleh penghormatan terhadap kemerdekaan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan penamaan masjid ini, ‘Istiqal’ yang berarti kemerdekaan. Masjid ini kerap kali menjadi tujuan wisata religi bagi warga Ibukota dan kota-kota lainnya di Indonesia.

4. Masjid Faisal (Pakistan)

Masjid dari negara Pakistan ini memang pantas dinobatkan sebagai salah satu masjid terbesar di dunia. Pasalnya, masjid ini dibangun di area seluas 54.000 m2. Tak heran jika jumlah jamaah yang bisa ditampung mencapa 300.000 orang. 

Tidak hanya sekedar luas, arsitektur masjid ini juga termasuk menarik dan memiliki ciri khas. Tak heran jika masjid ini kerap kali menjadi tujuan wisata religi.

3. Masjid Imam Reza (Iran)

Masjid ini terletak di negara Iran, tepatnya di kota Mashhad. Tidak hanya sebagai tempat beribadah, masjid ini juga memiliki fungsi sebagai perpustakaan, universitas, museum, hingga pemakaman.

Bukanlah sesuatu hal yang aneh jika masjid ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terluas di dunia. Mengingat bangunannya yang didirikan di area seluas 267.069 m2. Tidak hanya itu, daya tampung jamaah di masjid ini juga mencapai 700.000 orang. Dengan beberapa kubah yang mempunyai diameter cukup lebar membuat harga kubah masjid tersebut tidak sedikit.

2. Masjid Nabawi (Arab Saudi)

Masjid yang terletak di Madinah ini memang sangat penting keberadaannya bagi umat muslm. Masjid ini menjadi salah satu ikon pertama dari perkembangan peradaban Islam dari waktu ke waktu. Sesuai dengan namanya, perancang awal bangunan ini adalah Nabi Muhammad SAW. 

Masjid yang mampu menampung hingga 1.000.000 jemaah ini dibangun di area seluas 400.500 persegi. Tidak hanya itu, di masjid ini juga terdapat makam Rasulullah sebagai tempat peristirahatan terakhirnya.

1. Masjid Al-Haram (Arab Saudi)

Masjid ini terletak di Makkah, Arab Saudi. Masjid Al-Haram berada di urutan pertama sabagai masjid terbesar di seluruh dunia. Keberadaan masjid ini amat penting karena menjadi pusat peradaban seluruh umat Islam.

Tidak hanya itu, masjid ini juga dijadikan sebagai tempat pelaksanaan salah satu rukun Islam, yaitu pergi Haji. Ka’bah di Masjid Al Haram dikenal sebagai pusat dunia dan menjadi poros umat muslim. Luas masjid ini mencapai 4.008.020 m2 dengan kapasitas hingga 4 juta jemaah. 

Melalui berbagai sejarah yang dilaluinya, tak heran jika masjid ini juga memiliki arsitektur yang menawan. Terdapat berbagai bingkai-bingkai unik sebagai dekorasi yang megah.

Masjid-masjid terbesar di dunia yang sudah disebutkan di atas memang begitu menawan. Jika Anda sedang dalam proyek pembangunan masjid dan membutuhkan kontraktor kubah masjid, Anugrahkubah.co.id bisa menjadi layanan yang tepat untuk membuat kubah berkualitas.

Anda bisa memesan kubah masjid sesuai dengan material dan desain yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan pun termasuk terjangkau tanpa mengesampingkan kualitas. Jadi, segera tentukan model dan pesan kubah berkualitas untuk pembangunan masjid yang dilakukan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *