Apakah yang dimaksud dengan molekul unsur? Seperti apa sajakah contoh-conthnya? Simak penjelasan berikut selengkapnya.

Apa Itu Molekul Unsur?Molekul Unsur

Molekul unsur merupakan sekumpulan atom yang asalnya dari sebuah unsur yang sama, sementara molekul senyawa merupakan sekumpulan atom yang asalnya dari dua buah unsur atau lebih. Contoh dari molekul unsur dalam proses respirasi adalah gas oksigen dengan rumus molekul O2, sementara contoh molekul senyawa yakni gas karbon dioksida yang memiliki rumus molekul CO2 dan air (H2O). Contoh yang lain dari molekul unsur ialah nitrogen (N2), hidrogen (H2), molekul yang berasal dari sejumlah unsur golongan 7A, dan juga ozon. Contoh lainnya dari molekul senyawa yakni hidrogen klorida (HCl), karbon monoksida (CO), dan amonia yang memiliki rumus molekul NH3.

Sehingga, sebuah molekul tidak harus berupa senyawa, dan berdasarkan definisi, yakni terbentuk dari dua unsur atau lebih. Misalnya saja seperti, gas hidrogen adalah sebuah unsur murni, tetapi terdiri dari beberapa molekul. Dan si setiap molekul terbentuk dari dua jenis atom H. Demikian juga sebaliknya, air adalah senyawa melekular yang didalamnya terkandung hydrogen serta oksigen dengan perbandingan 2 atom H dan 1 atom O. Sebagaimana atom, molekul tidak memiliki muatan listrik atau netral.

Contoh Molekul Unsur

Molekul unsur memiliki beberapa contoh, berikut diantaranya.

1. Oksigen (O2)

Molekul unsur yang satu ini adalah gas penyusun yang terbesar nomor dua di udara sekitar 25%. Dan gas ini sangat dibutuhkan dalam sistem pernapasan.

2. Nitrogen (N2)

Molekul unsur berikutnya adalah nitrogen yang merupakan gas penyusun yang paling besar di udara sekitar 70% dan banyak dimanfaatkan untuk pengisian ban atau roda kendaraan bermotor.

3. Seng (Zn)

Selanjutnya adalah Seng, yang merupakan unsur logam yang memiliki simbol Zn (Zinc). Seng sendiri berupa logam dengan warna putih dan bersifat khas, ringan dan tahan karat. Unsur tersebut banyak dimanfaatkan untuk material bahan bangunan ataupun campuran material besi.

4. Besi (Fe)

Contoh selanjutnya ialah Besi. Molekul unsur yang satu ini merupakan unsur logam yang memiliki simbol Fe (ferrum). Besi sendiri termasuk salah satu dari unsur logam dengan jumlah terbanyak di bumi, serta banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan. Dari mulai bahan pembuatan perkakas hingga material bahan bangunan.

5. Helium (He)

Kemudian ada molekul unsur yang disebut dengan gas helium. Gas yang satu ini merupakan gas ringan yang tak mudah bereaksi. Dalam kehidupan sehari-hari, gas ini banyak digunakan untuk mengisi balon udara

6. Emas (Au)

Dengan simbol Au (Aurum), emas merupakan unsur logam yang menjadi salah satu contoh molekul unsur. Emas sendiri merupakan logam yang berwarna kuning, bersifat sangat khas dan sulit bereaksi dengan berbagai macam unsur lain. Logam ini banyak digunakan untuk pembuatan perhiasan karena memiliki tingkat keawetan tinggi yang tidak gampang bereaksi.

7. Arang (C)

Memiliki lambang C (carbon), zat arang merupakan contoh molekul unsur nonlogam. Zat arang atau karbon sendiri adalah penyusun utama dari senyawa organik. Contohnya protein, karbohidrat, serta penyusun utama dari bahan bakar fosil.

8. Perak (Ag)

Dengan lambang Ag (Argentum), perak merupakan salah satu contoh molekul unsur logam yang mamiliki warna putih bersifat khas serta sulit bereaksi dengan unsur-unsur yang lain. Seperti halnya emas, logam perak juga kerap digunakan untuk produksi perhiasan karena memiliki keawetan yang tak mudah bereaksi.

9. Raksa (Hg)

Berbeda dengan jenis logam lainnya, raksa merupakan molekul unsur logam dengan bentuk cair. Unsur yang satu ini banyak sekali fungsinya, salah satunya digunakan untuk mengisi termometer.

10. Uranium (U)

Uranium merupakan unsur radioaktif. Unsur yang satu ini memancarkan radisasi serta meluruh jadi unsur yang lain. Uranium sendiri banyak digunakan untuk bahan bakar pada reaktor nuklir serta sebagai peledak.

Proses terjadinya respirasi dengan melibatkan molekul unsur serta molekul senyawa bisa ditulis dengan persamaan reaksi kimia, sebagaimana berikut.

Persamaan dari reaksi kimia tersebut menunjukkan proses jika respirasi yang ada dalam sel, sebagaimana terjadi dalam mekanisme pernapasan, memanfaatkan oksigen untuk bisa menguraikan glukosa yang diperoleh dari asupan nutrisi (karbohidrat) jadi air, karbon dioksida, dan juga energi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Dilihat dari rumus molekul, maka dapat disimpulkan jika molekul unsur yang ada dalam proses respirasi adalah oksigen, sementara molekul senyawa yang ada dalam proses respirasi adalah glukosa, air, serta karbon dioksida.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai molekul unsur serta beberapa contohnya. Semoga bisa memberikan wawasan tentang molekul unsur. Semoga bermanfaat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *