Peta Persebaran Fauna di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi, budaya, bahasa, dan juga sumber daya alam. Selain sumber daya alam dalam kategori flora, tambang tapi juga terdapat fauna yang tak kalah beragamnya. Fauna adalah keanekaragaman hewan yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri. Misalnya ada hewan bertubuh besar dan hanya ada didaerah tertentu saja, ini mencirikan bahwa setiap kekayaan alam memang memberikan keanekaragaman hayati yang beragam 

Ada banyak factor mengapa hewan hewan itu tersebar dan memiliki perbedaan atau ciri khas di setiap daerahnya. Tentu factor tersebut tak terhindarkan dan membuat mereka hidup Bergama di berbagai daerah di Indonesia. Jika belum tahu apa saja faktornya berikut adalah factor mnegapa fauna bisa tersebar di seluruh Indonesia dengan keanekaragaman bentuk dan jenis. 

Peta Persebaran Fauna di Indonesia

Faktor persebaran

Salah satunya adalah kondisi atau tipografi wilayah di Indonesia. Indonesia memiliki ratusan pulau yang terpisah dengan lautan. Awalnya, Indonesia tidak memiliki lau sebanyak ini, tapi karena factor air yang meluap, gempa, tsunami dan fenomena alam lainnya membuat pulai di Indonesia menjadi tersebar. Ini yang membuat hewan hewan tak bisa kembali dan akhirnya menetap di pulai tersebut. Hingga akhirnya, spesiesnya menjadi langka dan hanya bisa ditemukan di pulau tersebut.

Maka dari itu, saat ini ada tiga jenis daerah persebaran yang mengategorikan peta persebatan fauna di Indonesia. Ada di bagian barat, tengah dan timur. Jika belum tahu, berikut adalah informasi peta persebaran fauna di Indonesia. 

fauna
Faktor Persebaran Fauna di Indonesia

Peta Pesebaran Fauna

  • Bagian Barat

Fauna di bagian barat termasuk di daerah Kalimantan, Jawa, Sumatera dan pulau pulau kecil lainnya yang ada di sekitarnya. Ketiga pulau Sumatera, Kalimantan dan Jawa terpisah dari benua Asia, maka masing masing daerah tersebut membawa perwakilan flora dan fauna yang pernah ada di satu pulau tersebut. 

Ciri ciri fauna di bagian barat adalah mamalia yang berukuran besar, banyak dijumoai berbagai jenis kera dan ikan air tawar, dan memiliki sedikit burung yang berwarna. Kemudian, fauna endemic yang sangat khas dan berada di bagian barat adalah contohnya badak bercula satu, burung merak, jalak bali, dan orangutan.

  • Bagian Tengah

Peta persebatan fauna di bagian tengah yaitu mencakup Pulau Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan beberapa di pulau sekitarnya. Fauna di bagian tengah ini adalah fauna peralihan karena berada di antara bagian barat dan timur. Biasanya hewan hewan yang ada di bagian tengah adalah hewan langka yang hanya ditemukan di wilayah bagian tengah. Contoh hewan yang ada di bagian tengah adalah burung maleo, anoa, komodo, dan babi rusa. 

  • Bagian Timur

Terakhir adalah peta persebaran fauna di bagian timur. Persebaran ini mencakup wilayah Papua, Kepulauan Aru, dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Uniknya, fauna yang ada di sini dahulunya bergabung dengan benua Australia, maka dari itu tak hran hewan hewannya pun mirip dengan spesies yang ada di benua Australia. 

Karakteristik hewan yang ada di bagian timur ini adalah fauna kecil, memiliki banyak burung berwarna dan biasanya hanya ditemukan di bagian timur dan benua Asutrala. Memiliki mamalia yang berukuran kecil, hanya terdapat satu jenis kera, dan memiliki sedikit air tawar. Beberapa hewan endemic yang langka dan hanya ditemukan di bagian ini adalah burung cemdrawasih, dan burung kasuari. Kedua burung tersebut saat ini memiliki spesies yang langka dan dilindungi. 

Kategori: Fauna

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *