Jika sedang berjalan-jalan atau berwisata ke daerah pegunungan, salah satu yang membuat mata menjadi lebih segar adalah warna hijau segar dari pepohonan yang terbentang di seluruh alam. Selain itu, ada juga banyak tanaman sayur mayor dan buah-buahan yang tumbuh subur dengan rasa buah manis-manis. 

Indonesia, sebagai wilayah yang dilewati garis khatulistiwa membuat beberapa pulau di Indonesia memiliki gunung berapi aktif yang menyuburkan tanah di sekitarnya. Misalnya di daerah Jawa dan Sumatera yang sangat terkenal dengan bukit dan hamparan pegunungan dengan hijaunya daun-daun tanaman yang tumbuh di sana. Tentunya bantuan dari gunung berapi sangat berefek pada kesuburan tanah di sana. Abu dan material yang dikeluarkan gunung berapi berkumpul dan menyebar ke seluruh tanah, sehingga dalam waktu yang cukup lama menjadi tumbuh subur. 

Ciri-ciri tanahnya adalah berwarna hitam, gembur, ringan, licin saat digenggam. Tanah ini adalah tanah subur untuk menumbuhkan berbagai jenis tanaman, tak heran dari mulai pepohonan dengan batang kayu besar, tanaman sayur, tanaman obat, tanaman bunga dan buah bisa tumbuh subur di lingkungan seperti ini. Tanah di lingkungan seperti ini disebut dengan Tanah Andosol

Apa Itu Tanah Andosol?

Apa Itu Tanah Andosol?

Nama andosol memang tidak seperti sebutan dari Indonesia. Ya, terang saja Andosol berasal dari kata dalam bahasa Jepang yaitu An yang berarti hitam dan Do yang berarti tanah. Jadi kesimpulan singkatnya, tanah andosol adalah tanah yang berwarna hitam. Dan menurut ilmu tanah, tanah hitam adalah tanah vulkanis yang berasal dari gunung berapi, maka dari itu tanah andosol adalah tanah dari sekitar gunung berapi. 

Namun ternyata, penamaan andosol itu hanya disebut oleh orang Indonesia. Faktanya, tanah andosol di Jepang, mereka menyebutnya Kurobokudo. Namun setelah tahun 1947, oleh seorang ahli dari Amerika Serikat namanya berubah menjadi Ando Soils. Beberapa negara menyebut tanah andosol dengan sebutan yang berbeda-beda. 

Misalnya Selandia Baru yang menyebutnya dengan nama Tellow Brown Pumice. Sementara itu di Kongo disebut sebagai Sols Bruns Tropicaux Sur Materiaux Volcaniques. Kanada menyebut dengan nama Acid Brown Forest Soils dan di Chili dikenal dengan nama Trumao Soils. Namun pengertian yang sebenarnya dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian adalah tanah yang mempunyai Horizon A molik yang di atasnya berasa horizon B kambik yang memiliki fraksi tanah halus dan sebagian tersusun dari abu vulkanik atau bahan piroklastik vitric lainnya. 

Karakteristik Tanah Andosol

Karakteristik Tanah Andosol

Karakteristik Berdasarkan Moroflogi

Secara umum, Indonesia memiliki tanah andosol dengan susunan horizon A-Bw-C dan pada beberapa tempat, terdapat horizon AC sebagai horizon timbunan dan beberapa horizon timbunan lainnya seperti A-Bw-C 2A-2Bw-2C yang terbentuk akibat erupsi gunung berapi yang terjadi secara berulang-ulang. Kekurangan dari tanah ini adalah tidak cocok untuk ditanami pohon kelapa sawit karena terlalu gembur.

Jenis tanah ini memang memiliki warna yang gelap kecoklatan terutama pada tanah humus yang struktur tanahnya terlihat lebih gembur dan remah. Tekstur tanah andosol bisa saja berpasir atau liat tergantung dari ukuran partikel terjadinya erupsi di sekitar gunung berapi selama proses pelapukan. 

Karakteristik Berdasarkan Mineralogi

Tanah yang berada di atas muka bumi tentunya tersusun mineral di atasnya. Ini sangat penting untuk menentukan sifat kimiawi dan fisika tanah. Beberapa peniliti bisa langsung menentukan proses pelapukan tanah seperti apa ketika melihat komposisi mineral yang terkandung. Mineral tanah dikategorikan menjadi dua bagian yaitu mineral primer dan sekunder. 

Karakteristik Berdasarkan Sifat Kimia

Karena tanah andosol berasal dari material gunung berapi yang mengalami pelapukan, maka terdapat proses kimiawi di dalamnya. Tanah andosol di Indonesia mempunyai kandungan unsur AI yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan unsur besi lainnya. Karena tingginya kadar aluminium tersebut, menyebabkan batuan induk berisfat masam. Selain itu, tanah andosol dengan kada Al juga menjadi penyebab mengapa tanah andosol sangat resisten dengan unsur fosfor.

Karakteristik Berdasarkan Sifat Fisika

Tanah andosol adalah tanah yang mengandung sifat fisika, salah satunya adalah massa jenis yang lebih rendah daripada tanah lainnya.  Tapi kandungan air dalam tanah ini memiliki kadar yang lebih tinggi, dan mengalami perubahan yang sifatnya tidak akan kembali seperti semula jika dikeringkan.

Kelebihan dan Kekurangan Tanah Andosol

Kelebihan dan Kekurangan Tanah Andosol

Kelebihan 

Bukan  hanya tanah andosol, di Indonesia juga terdapat beberapa jenis tanah yang memiliki tingkat kesuburan tinggi seperti tanah inceptisol dan tanah entisol. Namun memang keberadaan tanah yang terbentuk dari proses pelapukan dari batuan gunung berapi ini memiliki luas sebesar 5.4 juta hektar dan paling banyak berada di Sumatera. 

Karakteristik tanah andosol ini memang sangat bagus untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, karena tingkat kesuburan, kegemburan dan kadar airnya cukup banyak untuk menyuburkan tanaman yang ditanam di atasnya. Tanah andosol di tempat yang bergelombang sangat cocok untuk ditanami sayuran, palawija dan holtikultura lainnya. Sementara di daerah yang miring lebih bagus ditanami tanaman perkebunan seperti kopi, kayu manis, the, kina dan tanaman perkebunan lainnya. 

Selain itu, potensi untuk mengembangkan agrowisata dari tanaman atau pemandangan tanaman di sekitar perbukitan membuat keuntungan ekonomi bagi masyarakat juga. Saat ini, tempat wisata dengan tema alam memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Sehingga jika terdapat lahan perkebunan yang cukup luas, bisa dijadikan sebagai wisata down to earth. Biasanya dilakukan oleh sekolah yang melakukan darmawisata. 

Kekurangan

Namun selain memiliki kelebihan yang cukup banyak, tanah andosol yang biasanya terdapat di lereng perbukitan dengan tingkat kecuraman yang tinggi juga memiliki risiko tinggi jika membuka lahan pertanian di daerah tersebut. Beberapa petani yang tidak memiliki ilmu pengetahuan cukup dalam melakukan penanaman bisa mendapat kerugian atau rusaknya lahan dengan usia yang terlalu cepat. 

Memang tidak semudah yang dibayangkan, daerah dataran tinggi meskipun memiliki udara yang lembab dan air yang cukup, tapi tetap saja risiko membuka lahan pertanian di sana sangatlah susah. Terlebih jika Anda tidak rajin menambahkan pupuk organic atau pupuk buatan untuk tanaman yang sudah Anda tanam. Karena potensi pupuk untuk menyuburkan tanaman Anda sangat tinggi, dan pastinya memiliki pengaruh yang baik. 

Nah, dengan begitu tanah andosol memiliki peran khusus dalam menggemburkan tanaman. Tapi untuk mengukur dan memastikan tanaman yang anda tanam bisa sukses, butuh ilmu tentang petamanan di tanah andosol yang cukup. Karena banyak risiko yang merugikan jika Anda asal menanam pohon tanpa tahu seperti apa kondisi kemiringan dan tanah yang anda pakai. 

Tentunya dengan begini,jenis tanah yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Salah satunya tanah andosol ini yang memiliki ciri khas dan keunikan serta pemanfaatan sendiri. Untuk itu, tanah andosol bisa sangat bermanfaat dan merusak jika belum terlalu tahu bagaimana cara memanfaatkan tanah andosol tersebut. Dengan begitu, tanah yang ada di Indonesia ini setiap jenisnya memiliki keunikan sendiri. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *